Rabu, 18 Januari 2012

Hepatitis A (hepatitis infeksius)

Gejala hepatitis
Apa itu hepatitis A?
Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. Ini adalah penyakit yang sangat menular yang menyerang hati. Ini adalah jenis yang paling umum dari hepatitis virus dan salah satu penyakit vaksin yang paling sering dilaporkan dicegah di Amerika Serikat.
Siapa yang mendapat hepatitis A?
Siapapun bisa mendapatkan hepatitis A, tetapi Anda berada pada risiko lebih besar jika Anda:
tinggal di daerah dengan tingkat peningkatan hepatitis A (yaitu, negara-negara Barat tertentu di Amerika Serikat)
perjalanan ke daerah dimana hepatitis A umum terjadi (yaitu, Tengah dan Amerika Selatan, Afrika, Timur Tengah, Asia, dan Pasifik Barat)
adalah seorang pria dan berhubungan seks dengan laki-laki
adalah injeksi atau non-injection drug user
berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi hepatitis A
tinggal di rumah yang sama dengan seseorang yang telah hepatitis A
Bagaimana penyebaran virus?
Virus hepatitis A biasanya ditularkan dari orang ke orang dengan meletakkan sesuatu di mulut yang telah terkontaminasi dengan tinja orang dengan hepatitis A. Jenis transmisi disebut "fecal-oral" rute. Untuk alasan ini, virus ini lebih mudah menyebar di daerah-daerah dimana terdapat kondisi sanitasi yang buruk atau di mana kebersihan pribadi yang baik tidak diamati.
Kebanyakan infeksi di Amerika Serikat dari hasil kontak dengan anggota rumah tangga atau pasangan seks yang telah hepatitis A. Hepatitis virus juga dapat menyebar melalui mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah ditangani oleh orang yang terinfeksi. Air wabah jarang dan biasanya berhubungan dengan limbah yang terkontaminasi atau tidak diobati air. Kontak biasa, seperti dalam pengaturan kantor biasa, pabrik, atau sekolah, tidak menyebarkan virus.
Apa saja gejala hepatitis A?
Gejala hepatitis A dapat berkisar dari ringan sampai parah dan dapat mencakup onset mendadak demam, kelelahan, kurang nafsu makan, mual, sakit perut, urin berwarna gelap dan jaundice (kuning pada kulit dan putih mata). Penyakit ini jarang fatal dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu tanpa komplikasi. Orang dewasa lebih mungkin dibandingkan anak-anak untuk mengembangkan gejala. Bayi dan anak-anak muda cenderung memiliki gejala yang sangat ringan dan kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kuning dibandingkan anak yang lebih tua dan orang dewasa. Tidak semua orang yang terinfeksi akan memiliki semua gejala.
Seberapa cepat gejala muncul?
Gejala-gejala biasanya muncul dalam waktu 28 hari dari eksposur, dengan berbagai 15-50 hari.
Untuk berapa lama orang yang terinfeksi dapat menyebarkan virus?
Periode menular dimulai sekitar dua minggu sebelum gejala muncul dan berlangsung sekitar satu minggu setelah gejala muncul.
Apakah infeksi masa lalu dengan hepatitis A membuat seseorang menjadi kebal?
Setelah seseorang sembuh dari hepatitis A, ia tidak dapat kembali terinfeksi. Dia atau dia yang kebal untuk hidup dan tidak terus membawa virus.
Apa pengobatan untuk hepatitis A?
Tidak ada obat khusus atau antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati seseorang setelah gejala muncul. Umumnya, istirahat di tempat tidur adalah semua yang diperlukan.
Bagaimana hepatitis A dapat dicegah?
Dalam hal paparan hepatitis A, berkonsultasi dengan dokter atau departemen kesehatan setempat.
Untuk mencegah orang-ke-orang menyebar, hati-hati mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok dan sebelum menyiapkan makanan atau makan, adalah cara yang paling penting pencegahan.
Kontak dekat yang tidak memiliki kekebalan terhadap virus hepatitis A harus diberikan immune globulin (IG) atau hepatitis A vaksin dalam waktu 2 minggu dari paparan orang yang menular dengan hepatitis A. Tutup kontak meliputi:
Rumah Tangga kontak
Kontak seksual
Teman bermain
Peserta di pusat penitipan anak
Orang berbagi obat-obatan terlarang
Orang berbagi makanan atau minuman
Orang yang sama-source situasi paparan (yaitu, rekan kerja dan / atau pelanggan restoran di mana seorang pekerja makanan yang terinfeksi telah diidentifikasi)
Komite Penasehat Praktek Imunisasi saat ini (ACIP) rekomendasi untuk profilaksis pasca pajanan:
Untuk orang sehat usia 12 bulan hingga 40 tahun, vaksin hepatitis A pada dosis sesuai usia lebih disukai.
Untuk anak-anak 40 tahun, IG disukai; vaksin dapat digunakan jika IG tidak dapat diperoleh.
Siapa yang harus mendapatkan vaksin hepatitis A?
Untuk perlindungan jangka panjang, vaksin hepatitis A adalah yang terbaik. Sebuah vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah hepatitis A tersedia. Vaksin hepatitis A dianjurkan untuk semua anak usia 12-23 bulan. Vaksin hepatitis A juga dianjurkan untuk orang-orang berikut ini yang belum pernah divaksinasi atau terinfeksi:
Wisatawan ke daerah-daerah dengan tingkat peningkatan hepatitis A
Pria yang berhubungan seks dengan laki-laki
Injeksi dan non-pengguna narkoba suntikan
Orang dengan gangguan pembekuan darah (yaitu, hemofilia)
Orang dengan penyakit hati kronis (termasuk orang-orang dengan hepatitis B kronis atau infeksi gejala hepatitis kronis C virus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar